RESENSI BUKU MATA KULIAH BAHASA INDONESIA




 

Identitas Buku

Judul   buku        : Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan                                                 Tinggi.

Penulis               : Widjono Hs.

Penerbit             : PT.Gramedia Widiasarana Indonesia

Tahun terbitan   : 2011

Tebal buku         : 319 hal.

Harga                  : Rp, 45.000,00

            

 

 

Buku ini ditulis oleh bapak Widjono Hs. Seorang Dosen Bahasa Indonesia yang sudah berkecimpung lebih dari 30 tahun mengajar di perguruan tinggi. Beliau memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang menjadi permasalahan bahasa  dengan menyajikan buku Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan  Tinggi. Widjono Hs menulis buku ini dilatarbelakangi oleh pengalaman mengajar di berbagai perguruan tinggi negri maupun swasta. Buku ini menyebutkan bahwa bahasa negara merupakan  bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa nasional dalam berbagai kegiatan komunikasi yang bersifat formal dan nonformal.

            Pada tahun 2002-an bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai mata kuliah wajib tempuh bagi setiap mahasiswa di berbagai perguruan tinggi dalam salah satu kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian. Hal tersebut disebabkan mata kuliah ini mampu meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara, bahasa nasional, dan bahasa persatuan. Buku ini juga terdapat berbagai fungsi bahasa Indonesia yaitu tata cara menulis makalah, laporan penelitian, kutipan, biografi, bibliografi, catatan kaki, rangkuman, ringkasan buku atau bab, resensi buku dan masih banyak lagi. Mahasiswa yang belajar kemudian memliliki kemampuan pengusaan bahasa Indonesia yang baik diharapkan dapat mengembangkan berbagai kecerdasan, karakter dan kepribadian. Ketika ada mahasiswa yang sudah mampu menguasai bahasa Indonesia secara aktif dan pasif akan bisa mengekpresikan pemahaman serta kemampuanya secara runtut,logis, lugas, dan sistematis.  

             Buku ini pula menjelaskan bahwa orang-orang yang sudah menguasai keterampilan bahasa Indonesia dengan baik akan bisa pula memahami konsep-konsep, pemikiran dan pendapat-pendapat orang lain yang menjadi lawan komunikasinya. Keterampilan tersebut  akan bisa mengembangkan karakter dan kepribadianya melalui sebuah proses berfikir strategis, maksud dari kemampuan ini yaitu kemampuan yang dapat menghasilkan konsep-konsep baru berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah dimilikinya bersamaan dengan pengalaman yang baru diperolehnya. Dalam pembahasan buku terdapat pernyataan bahwa bahasa Indonesia dijadikan sebagai salah satu sarana pengembangan insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahsa Indonesia yang sopan dan santun. Mata kuliah Bahasa Indonesia mempunyai  tujuan yaitu membina dan membimbing mahasiswa untuk bangga berbahasa Indonesia dalam berbagai forum formal ataupun nonformal dan  mampu bertanggung jawab untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh. Supaya mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, mahasiswa perlu memperhatikan kompetensi dirinya, yang mencakup pengetahuan, keterampilan niai dan sikap.

           Dalam buku ini menjelaskan bahwa kompetensi berbahasa ada dua yaitu yaitu kompetensi umum dan khusus. Maksud dari kompetensi umum yaitu seorang mahasiswa mampu mengungkapkan pemikiran dan gagasan (ide) secara efektif, efisien, dan komunikatif dalam proses menulis. Sedangkan maksud dari kompetensi khusus yaitu seorang mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai dan merasa bangga tentang arti, sejarah, dan kedudukan. Dengan pengusaan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, mahasiswa dapat berkembang menjadi individu yang cerdas dan mampu mengembangkan kreativitas baru sesuai bidang studi, keahlian, dan profesi yang ditekuninya. Maka dari itu, bahsa Indonesia dijadikan sebagai sarana komunikasi sekaligus mata kuliah wajib di oerguaran tinggi dengan memiliki fungsi untuk mengembangkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa terutama dalam penulisan ilmiah yang mencangkup kemampuan aspek kognitif dan afektif. Jadi, dibutuhkan bahan ajar yang memadai untuk di jadikan acuan atau pedoman dasar bagi mahasiswa dan dosen yang mengajarkan mata kuliah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel