RESENSI BUKU MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
Identitas Buku
Judul buku :
Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan
Kepribadian di Perguruan Tinggi.
Penulis :
Widjono Hs.
Penerbit :
PT.Gramedia Widiasarana Indonesia
Tahun terbitan
: 2011
Tebal buku : 319 hal.
Harga :
Rp, 45.000,00
Buku ini ditulis oleh bapak Widjono Hs. Seorang Dosen Bahasa Indonesia yang
sudah berkecimpung lebih dari 30 tahun mengajar di perguruan tinggi. Beliau memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang menjadi permasalahan bahasa dengan menyajikan buku Bahasa Indonesia Mata
Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Widjono Hs menulis buku ini dilatarbelakangi oleh
pengalaman mengajar
di berbagai perguruan tinggi negri maupun swasta. Buku ini menyebutkan bahwa bahasa negara merupakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga
digunakan sebagai bahasa nasional dalam berbagai kegiatan
komunikasi yang
bersifat formal dan nonformal.
Pada tahun 2002-an bahasa
Indonesia telah ditetapkan sebagai mata kuliah wajib tempuh bagi setiap mahasiswa di berbagai
perguruan
tinggi dalam salah satu kelompok mata kuliah pengembangan
kepribadian. Hal tersebut disebabkan mata kuliah
ini mampu meningkatkan kompetensi berbahasa
Indonesia sebagai bahasa resmi
negara, bahasa nasional, dan bahasa persatuan. Buku
ini juga terdapat berbagai fungsi bahasa Indonesia yaitu tata cara menulis makalah, laporan
penelitian, kutipan, biografi, bibliografi, catatan kaki, rangkuman, ringkasan buku atau
bab, resensi buku dan masih banyak lagi. Mahasiswa
yang belajar kemudian memliliki kemampuan pengusaan bahasa Indonesia yang baik diharapkan dapat mengembangkan berbagai kecerdasan,
karakter dan kepribadian. Ketika ada
mahasiswa yang sudah mampu menguasai bahasa Indonesia secara aktif dan pasif akan bisa mengekpresikan
pemahaman serta kemampuanya secara runtut,logis, lugas, dan sistematis.
Buku ini pula menjelaskan bahwa orang-orang yang sudah menguasai keterampilan bahasa Indonesia dengan baik akan bisa pula memahami konsep-konsep, pemikiran dan
pendapat-pendapat orang lain yang menjadi lawan komunikasinya. Keterampilan
tersebut akan bisa mengembangkan
karakter dan kepribadianya melalui sebuah
proses berfikir
strategis, maksud dari kemampuan ini yaitu kemampuan
yang dapat menghasilkan konsep-konsep baru berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah dimilikinya bersamaan dengan pengalaman yang
baru diperolehnya. Dalam pembahasan buku terdapat pernyataan bahwa bahasa Indonesia dijadikan
sebagai salah
satu sarana pengembangan insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahsa Indonesia yang sopan dan santun. Mata kuliah Bahasa Indonesia mempunyai tujuan yaitu
membina dan membimbing mahasiswa untuk
bangga
berbahasa Indonesia dalam berbagai forum
formal ataupun nonformal dan
mampu
bertanggung
jawab untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh. Supaya mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, mahasiswa
perlu memperhatikan kompetensi dirinya, yang mencakup pengetahuan, keterampilan
niai dan sikap.
Dalam buku ini menjelaskan bahwa kompetensi
berbahasa ada dua yaitu yaitu kompetensi umum dan khusus. Maksud dari kompetensi umum yaitu seorang
mahasiswa mampu
mengungkapkan pemikiran dan gagasan
(ide) secara
efektif, efisien, dan komunikatif dalam proses
menulis.
Sedangkan maksud dari kompetensi khusus yaitu seorang mahasiswa memiliki
pengetahuan yang memadai dan merasa bangga tentang arti, sejarah, dan
kedudukan. Dengan pengusaan berbahasa Indonesia
yang baik dan benar, mahasiswa dapat berkembang menjadi
individu yang cerdas dan mampu mengembangkan kreativitas baru sesuai bidang studi, keahlian, dan
profesi yang ditekuninya.
Maka dari itu, bahsa Indonesia dijadikan sebagai sarana komunikasi sekaligus mata kuliah wajib di oerguaran tinggi dengan memiliki fungsi untuk
mengembangkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa terutama dalam penulisan ilmiah yang
mencangkup kemampuan aspek kognitif dan afektif. Jadi, dibutuhkan bahan
ajar yang memadai
untuk di jadikan acuan atau pedoman dasar bagi mahasiswa dan dosen yang
mengajarkan mata kuliah ini.